Langsung ke konten utama

Chapter 9 - Pencemaran Sungai



Sungai adalah bagian paling penting dalam kehidupan manusia. Bahkan, sejak dahulu pemukiman didirikan di sepanjang sungai supaya mempermudah segala aktivitas harian manusia. Namun, akhir-akhir ini kita semakin disadarkan bahwa kondisi sungai di Indonesia sudah mengkhawatirkan. Adanya media sosial membantu kita menyadari bahwa pencemaran sungai terjadi di mayoritas sungai di kota-kota besar Indonesia. 

Sampah industri, rumah tangga, bahkan "limbah" peternakan semakin bertebaran di sungai. Hal ini menjadikan sungai memiliki air yang tidak baik bagi kesehatan akibat adanya senyawa ion logam berat dan mikroorganisme patogen serta non patogen yang berbahaya. 

Saat ini mulai viral gerakan pembersihan sungai. Namun, hal itu hanya dilakukan oleh kelompok tertentu dan kesadaran masyarakat masih minim serta terkesan memanfaatkan hal tersebut untuk semakin membuang sampah ke sungai. 

Oleh karena itu, permasalahan utama dari pencemaran sungai yaitu minimnya kesadaran masyarakat dan ditambah dengan kurang ketatnya pemantauan dari pemerintah serta gerakan nyata dari pemerintah untuk menanggulangi pencemaran sungai ini. 

Komentar

  1. wah ternyata efeknya sangat besar sehingga bisa menyebabkan pencemaran

    BalasHapus
  2. semogaa gerakan bersih bersih sampah bisa dilakukan bukan hanya oleh kelompok tertentu aja

    BalasHapus

Posting Komentar