Langsung ke konten utama

Chapter 3 - Sudah Sepanas Apa Bumi Kita

Pemanasan global atau Global Warming adalah bentuk dari ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibaat terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi. 

Pemanasan global disebabkan oleh meningkatnya persentase kandungan lapisan gas rumah kaca yaitu CO2, NO2, SO2, O2, CH4, dan uap air. Sinar matahari yang seharusnya dipantulkan oleh atmosfer, akan diserap oleh gas rumah kaca. Sehingga, semakin meningkatnya jumlah gas rumah kaca maka semakin meningkat pula panas yang diserap akibat sinar matahari tidak sepenuhnya dapat dipantulkan oleh atmosfer dan menyebabkan suhu bumi semakin meningkat. Diperkirakan pada tahun 2060, suhu bumi dapat meningkat sampai 1°C hingga 5°C. Kenaikan suhu ini mengakibatkan gunung es di kedua kutub mencair dan air laut akan mengalami kenaikan sehingga daerah pesisir pantai akan terbenam. Selain ituu, daerah yang kering akan semakin kering karena suhu yang meningkat.

Beberapa penyebab dari terjadinya pemanasan global ini adalah:

  • Pada sektor industri banyak dilakukan pembakaran lahan gambut dan pembalakan hutan. Selain itu, industri pabrik juga menghasilkan gas-gas yang merupakan penyusun dari lapisan gas rumah kaca.
  • Adanya pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) juga meningkatkan volume FABA (Fly Ash and Bottom Ash) yang merupakan hasil dari pembakaran batu bara. Hal ini juga meningkatkan persentase dari komponen lapisan GRK.
  • Penggunaan transportasi juga turut menjadi masalah karena menghasilkan gas-gas penyusun lapisan GRK, terutama CO2. 
Saat ini, berbagai peristiwaa bencana alam akibat pemanasan global sudah terjadi di berbagai negaraaa, antara lain gelombang panas yang menerjang Yunani dan Amerika Serikaat bagian Barat serta banjir di Jerman dan China. Karenaa nyatanya, belum sampai pada tahun 2060, suhu bumi sudah mengalami kenaikan hinggaa 1,5°C. Oleh karenai itu, saat ini para peneliti dan pemerintah sedang menggalakkan gerakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menekan kenaikan suhu bumi serta ditargetkan pada tahun 2030, suhu bumi tidak lagi mengalami kenaikan dan bahkan dapat mengembalikan kenaikan suhu tersebut.

Oleh karena itu teman-teman, mari kita lakukan yang terbaik untuk memperbaiki bumi kita yang sudah mengalami banyak kerusakan ini ^ ^

Komentar

Posting Komentar