Langsung ke konten utama

Chapter 1 - Cemaran PM 2.5 di Wilayah Indonesia


Sumber gambar: Academia.co.id

Pencemaran udara oleh Particulate Matter (PM) 2.5 menjadi permasalahan serius yang sedang dihadapi oleh seluruh negara di dunia terutama Indonesia yang secara rata-rata berdasarkaan data Air Quality Life Index mayoritas mengalami kenaikan di setiap tahunnya.

Lalu, Particulate Matter (PM) 2.5 itu apa sih?

Particulate Matter (PM) 2.5 adalah partikel halus di udara yang ukurannya 2,5 mikron atau lebih kecil dari itu. Sehingga, bisa mengurangi jarak pandang dan terlihat agak berkabut ketika dalam jumlah tinggi.

Adanya cemaran PM 2.5 tentu saja memberikan dampak buruk terutama pada kesehatan manusia. Beberapa diantaranya yaitu menyebabkan gangguan pada mata, hidung, tenggorokan, iritasi paru, batuk, bersin, hidung berair, sesak nafas, hingga mengganggu fungsi paru, dan memperburuk penyakit asma hingga jantung.

PM 2.5 dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia baik indoor yaitu contohnya memasak, penggunaan AC, kulkas, serta perangkat elektronik lainnya, maupun outdoor yaitu contohnya pembakaran lahan, hasil samping dari bahan bakar kendaraan, limbah pabrik, dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana kenaikan cemaran PM 2.5 di setiap wilayah di Indonesia? apa yang menyebabkan terjadinya kenaikan cemaran PM 2.5 di setiap wilayahnya?
Berikut ini merupakan hasil analisis dan penjelasan mengenai cemaran PM 2.5 di setiap wilayah di Indonesia berdasarkan data Air Quality Life Index.




 

Komentar

Posting Komentar